Menara Pisa
 Menara ini dengan sebutan lain dari Menara Miring Pisa yang sering dikenqal dengan sebutan Menara Pisa, yaitu sebuah campanille atau juga menara lonceng katedral yang berada di kota Pisa, Italia. Dan menara ini telah terletak di belakang katedral dan juga merupakan pada struktul yang ketiga di Campo dei Miracoli (keajaiban) pisa.

        Dan menara pisa sebetulnya dibuat agar berdiri secara vertikal yang sama seperti menara lonceng pada saat umumnya, tetapi telah miring tak lama setelah bangunan ini dibangun pada saat Agustus 1173. Menara ini terletak di belakang katedral dan juga merupakan bangunan yang ketiga Campo dei Miracoli yang disebut (lapangan pelangi)kota Pisa.

         Tinggi menara ini yaitu 55,86 m dari permukaan tanah yang  terendah dan 56,70m dari permukaan tanah yang tertinggi. Dan lebar dingin yang ada di bawahnya telah mencapai 4,09m dan juga di puncak 2.48m. dan juga bobotnya telah diperkirakan 14.500 ton. Dan menara Pisa ini telah mempunyai 294 anak tangga. Ketika dengan adanya menara ini, sektor dalam pendapatan ekonomi juga jadi bertambah karen adanya juga objek wisata.  

     Sejarahnya
    Pembangunan dari menara pisa ini telah dilakukan dalam bentuk tiga tahap pada dalam jangka waktu 200 tahun.  Dan juga pada saat pembangunan lantai yang pertama dari campanile yang berbatu marmer putih yang dimulai pada saat 9 Agustus 1173, yang sudah merupakan dalam kesejahteraan dan dalam kejayaan militer.

        Lantai yang pada saat pertama ini telah dikelilingi oleh para pilar dengan bentuk huruf klasik, yang telah mengarah miring terhadap lengkungan yang kerai. Dan juga sebetulnya, menara miring tersebut seharusnya beridiri yang tegak pada saat setinggi 55m, tetapi dikarenakan menara miring pisa  ini dibangun pada saat diatas tanah yang sudah tidak stabil, dan menara tersebut akhirnya miring dari garis yang lurus sepanjang 5 m.

        Dan ada juga beberapa kontrovesi yang mengenai tentang identitas dari arsitek pada menara miring pisa. Dan dengan selama beberapa tahun lamanya desainer yang telah dipredikatkan kepada seorang yang seniman lokal yang terkemuka pada saat abad ke-12 yang ada dib Pisa, dan juga yang popular oleh cetakan dari perunggunya, khusus yang ada di dalam  Pisa Duomo.

       Bonanno Pisano yang telah sudah meninggalkan menara Pisa pada saat tahun 1185 untuk menuju ke tempat Monreale, Sisilia, hanya untuk pulang kampung dan meninggal pada saat dikampung halamannya. Sarkofogus nya telah ditemukan pada saat di dasar menara pada tahun 1820.

       Konstruksi yang telah diberhentikan ini telah hampir terlibat karena peperangan dengan Genoa, Lucca dan Florence.  Dan pada saat istirahat, struktur  tanah dibawahnya telah kembali netral. Dan pada saat di tahun 1198, telah dipasang jam untuk sementara pada ada bangunan yang masih belum selesai.

       Pada saat ditahun 1272 bangunan itu telah dilanjutkan kembali oleh Giovanni di Simone, atau arsitek yang berasal dari Camposanto. Dari lantai keempat yang dibangun untuk mengimbangi pada saat kemiringan dari menara pisa ini. Dan bangunan ini kembali untuk dihentikan ditahun 1284, pada saat ditaklukan oleh sebuah Genoa dalam Pertempuran Meloria

       Pembangunan pada menara lonceng ini tidak siap terhenti sehingga 1372. Lalu setelah itu, Tommaso di Andrea Pisano telah berhasil selsaikan elemen Gothic dari menara itu, dan juga memberikan sentuhnya pada Roma. Dna juga terdapat tujuh lonceng yang sangat besar dipasang yang ada pasa tahun 1655.


Komentar